Portal PULBAKET Adalah Media Informasi Terpercaya Berimbang dan Objektif. Untuk Membangun Serta Mencerdaskan Anak Bangsa. Kemerdekaan mengeluarkan pikiran dan pendapat sebagaimana tercantum dalam Pasal 28 Undang-undang Dasar 1945

Gempa di Cianjur, Kepala BMKG Sebut di Picu Gerak Sesar CimandiriÂ

Gempa di Cianjur

Gempa di Cianjur, Kepala BMKG Sebut di Picu Gerak Sesar Cimandiri

PULBAKET, Jakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa magnitudo (M) 5,6 yang berpusat di 10 KM barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, di Cianjur. Merupakan gempa tektonik di picu oleh pergerakan Sesar Cimandiri.

“Melihat Gempa yang terjadi pada hari ini berpusat di kedalaman dan kekuatan serta mekanisme gerak yaitu patahan geser. Karakternya sesuai dengan pergerakan sesar Cimandiri,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat konferensi pers melalui zoom meeting pada Senin, 21 November 2022

Menurutnya BMKG masih terus melakukan monitoring. Karena berpotensi terjadi gempa susulan di Cianjur.

“Iya kami masih monitoring. Dan mengimbau masyarakat untuk tidak berada di lereng-lereng. Karena berpotensi terjadi gempa susulan,” tegas Dwikorita.

Peristiwa gempa bumi yang terjadi dengan pusat gempa berada di 10 KM barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Menyebabkan korban jiwa dan kerusakan infrastruktur di beberapa daerah terdampak.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengatakan, BNPB terus melakuan upaya penanganan bencana gempa bumi di Cianjur.

“BNPB terus melakukan pendataan jumlah korban, korban jiwa khususnya di Kabupaten Cianjur,” katanya.

Diketahui dampak yang di akibatkan gempa tersebut merusak 343 rumah rusak berat. Satu pondok pesantren rusak berat, RSUD Cianjur alami rusak sedang, empat Gedung pemerintah. Tiga fasilitas pendidikan, satu sarana ibadah, satu toko, satu cafe juga alami kerusakan, dan ada jalanan yang terputus.

Penulis : Refer

Editor : Rieqhe

Berita Lain :ÂBMKG Imbau Masyarakat Hati-hati Gempa Susulan di CianjurÂ

Kepala BMKG / PULBAKET

Tags: , , , , ,

Kontak Iklan : 081574404040

Untuk Pemasangan Advertorial dan Iklan Hubungi Kami Marketing 0812972047471

ADVERTORIAL FEED

Media DMN lengkap
%d