Portal PULBAKET Adalah Media Informasi Terpercaya Berimbang dan Objektif. Untuk Membangun Serta Mencerdaskan Anak Bangsa. Kemerdekaan mengeluarkan pikiran dan pendapat sebagaimana tercantum dalam Pasal 28 Undang-undang Dasar 1945

Polisi Tahu Ada Aturan Larangan Penggunaan Gas Air Mata

Polisi Tahu Ada Aturan Larangan

Polisi Tahu Ada Larangan Penggunaan Gas Air Mata, Kenapa Mereka Menggunakan

Malang, PULBAKET – Ketua Komite Wasit PSSI Achmad Riyadh menyebut polisi sudah mengetahui adanya larangan membawa gas air mata dalam pengamanan pertandingan di Tragedi Kanjuruhan pada Sabtu (1/10).

“Tahu ada larangan, tapi ada SOP untuk penanganan kerumunan di stadion untuk orang banyak,” kata Riyadh dalam jumpa pers di Malang pada Selasa (4/10).

“Mengenai gas air mata, itu nanti ada investigasi di bidang keamanan, kami hanya menyangkut pelaksanaan pertandingan,” kata Riyadh menjelaskan soal perkara sosialisasi larangan gas air mata di pertandingan sepak bola.

Karenanya persoalan gas air mata ini menjadi salah satu perhatian PSSI. Dengan kejadian ini PSSI bersama Polri akan merumuskan satu metode pengamanan yang tepat untuk pertandingan sepak bola di Indonesia.

“Sehingga kita dengan Polri meneruskan hal itu karena perintah presiden jika ingin di berhentikan sampai ada jawaban tentang kompetisi dan keamanan,” kata Riyadh.

“Itu untuk pedoman di Indonesia bahwa bagaimana pengamanan dari Polri jelas ada, cuma bagaimana alat-alat apa saja yang harus di bawa nanti untuk ke depannya,” ucapnya.

Ketua Komite Disiplin PSSI Erwin Tobing membenarkan bahwa panitia pelaksana pertandingan sudah mensosialisasikan persoalan gas air mata kepada polisi. Hanya saja polisi disebut punya aturan sendiri dalam tata cara pengamanan.

“Itu memang menjadi perhatian kita memang, karena di beberapa negara maju, sudah menerapkan pasal 19 statuta FIFA. Di negara Eropa sana, steward itu sudah sangat besar berperan,” kata Erwin saat jumpa pers.

Penggunaan gas air mata menjadi sorotan karena jatuh ratusan korban meninggal dunia dalam pertandingan Arema versus Persebaya di Stadion Kanjuruhan. Itu terjadi karena salah satunya ada tembakan gas air mata ke tribune penonton.

Baca Berita Lain Kami Wakapolri Komjen Agus Andrianto Ditunjuk jadi Wakil Komisaris Utama PT Pindad

Hal ini membuat penonton panik dan berdesakan ingin keluar stadion. Dalam situasi desakan tersebut ruang udara telah terkontaminasi gas air mata sehingga para penonton merasakan kesesakan dalam bernapas. (*)

Sumber : CNN

Polisi Tahu Ada Aturan / PULBAKET

Berita Lain : Doa Bersama Peringatan Hari Bhayangkara ke 76 di Polda Jatim dan Serentak Seindonesia

Media Partner : https://wartabelanegara.com/tindaklanjuti-instruksi-presiden-kapolri-tegaskan-usut-tuntas-peristiwa-kanjuruhan/

Tags: , , ,

Kontak Iklan : 081574404040

Untuk Pemasangan Advertorial dan Iklan Hubungi Kami Marketing 0812972047471

ADVERTORIAL FEED

Media DMN lengkap