Ratusan Warga di Kampung Tanjungsari Terisolir Akibat Jembatan Penghubung Putus 

PORTAL PULBAKET Adalah Media Informasi Terpercaya Berimbang dan Objektif. Untuk Membangun Serta Mencerdaskan Anak Bangsa. Kemerdekaan mengeluarkan pikiran dan pendapat sebagaimana tercantum dalam Pasal 28 Undang-undang Dasar 1945

Ratusan Warga di Kampung Tanjungsari Terisolir Akibat Jembatan Penghubung Putus 

Ratusan Warga di Kampung Tanjungsari Terisolir Akibat Jembatan Penghubung Putus  — Ratusan Warga di Kampung Tanjungsari Terisolir Akibat Jembatan Penghubung Putus  — Ratusan Warga di Kampung Tanjungsari Terisolir Akibat Jembatan Penghubung Putus 

Bogor, Pulbaket.com – Akibat bencana banjir dan longsor, sebanyak 95 Kepala Keluarga (KK) dengan ratusan jiwa di Desa Purwasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar) terisolir pada Sabtu (25/6/2022).

Koordinator Disaster Unit Jabar Quick Response (JQR), Syehabudin menyatakan, dari hasil assesmentnya selama dua hari di lokasi bencana, ia mendapati 95 KK dalam dua RT di Kampung Tanjungsari, Desa Purwasari terisolir.

“Atas arahan Pak Gubernur pas kita dapat aduan pertama disuruh langsung merespons dan assesment ke lokasi bencana. Awalnya rencana ke daerah Muara, dan ternyata ada kabar lagi di daerah Tanjungsari ada daerah yang terisolir. Ada 95 KK yang terisolir, karena terputusnya akses jembatan menuju ke lokasi,” ucapnya.

Syehabudin mengatakan, akibat terputusnya akses jalan tersebut, warga Kampung Tanjungsari pun mengalami lumpuh secara ekonomi, pendidikan dan juga kesehatan.

“Cuma untuk kebutuhan dasar terutama sembako masih tercover selama dua hari ke depan. Karena rata-rata masyarakat itu masih bercocok tanam di sawah,” tuturnya.

Menurut Syehabudin, ada beberapa warga yang melakukan pengungsian karena rumah yang dimilikinya terdampak oleh longsoran tanah, dengan total enam rumah di Tanjungsari ini mengalami rusak parah.

“Selama ini yang ramai di media itu kan rata-rata Cibunian sama Sungai Cisarua itu. Ternyata Tanjungsari ini laporannya menyusul, selama teman-teman relawan masuk ke lokasi, ternyata di Tanjungsari ini ada yang terdampak juga itu, yang sampai saat ini terkonfirmasi ada 2 RT yang terisolir dalam 1 RW. Itu di RT 1-2/12,” katanya.

Hingga saat ini, lanjut Syehabudin, warga berjenis kelamin pria di kampung yang terisolir tersebut masih berupaya untuk menyebrang, agar dapat memenuhi kebutuhan bahan sandang dan Pangan.

Baca Berita Lain Kami  Peduli, Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Bersama Warga Bangun Jembatan Kayu di JIPP Pasca Longsor

“Jadi yang terkena dampak itu Kampung Tanjungsari 2, mereka menyeberang sungai langsung karena jembatan tidak ada, sangat berisiko gitu. Rencananya per besok teman-teman relawan di posko Tanjungaari akan mengusahakan bagaiamana caranya bisa mengirimkan logistik dengan menggunakan bentangan tali,” lanjutnya.

Syehabudin menegaskan, hingga saat ini masih belum ada akses yang dapat digunakan untuk dilalui supaya dapat mencapai Kampung Tanjungsari 2 ini.

“Kami menargetkan assesment secepatnya, sampai bisa memberikan data ke Pak Gubernur supaya bisa secepatnya juga memberikan apa yang bisa dibantu oleh pihak Pemprov Jabar,” pungkasnya.

Penulis: Putra
Editor: Rieqhe

Tags: Desa Purwasari, Jembatan Penghubung Putus, JQR Jabar, Pemprov Jabar, Ridwan Kamil, Syehabudin

Kontak Iklan : 081574404040

Untuk Pemasangan Advertorial dan Iklan Hubungi Kami Marketing 0812972047471
banner 325x300 banner 728x90 banner 451x150