Portal PULBAKET Adalah Media Informasi Terpercaya Berimbang dan Objektif. Untuk Membangun Serta Mencerdaskan Anak Bangsa. Kemerdekaan mengeluarkan pikiran dan pendapat sebagaimana tercantum dalam Pasal 28 Undang-undang Dasar 1945

Dirjen Dukcapil Gandeng Keuskupan Agats Asmat Membangun Sadar Adminduk

Dirjen Dukcapil Gandeng Keuskupan Agats Asmat Membangun Sadar Adminduk — Dirjen Dukcapil Gandeng Keuskupan

Dirjen Dukcapil Gandeng Keuskupan Agats Asmat Membangun Sadar Adminduk

AGATS, PULBAKET – Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh mengajak semua pihak ikut ambil bagian dalam Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA).

Menurut Dirjen Zudan, upaya pemerintah dalam pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) harus mendapat dukungan serta kesadaran masyarakat.

“Untuk itu, saya mengajak masyarakat Kabupaten Asmat khususnya jemaat Keuskupan Agats agar melaporkan status perkawinan dengan membuat akta perkawinan, atau perubahan data kependudukan di Dinas Dukcapil setempat, agar terdata di Dukcapil dan tercatat di database,” ujarnya saat bertemu dengan Uskup Mgr Aloysius Murwito, di Keuskupan Agats, Kabupaten Asmat, Selasa (11/10/2022).

Pertemuan dengan Uskup Aloysius Murwito di lakukan Dirjen Zudan saat kunjungan kerja ke kabupaten Asmat tgl 10 dan 11 Oktober 2022.

Zudan menjelaskan, GISA yang di luncurkan tahun 2018 adalah sebuah gerakan nasional untuk meningkatkan kesadaran semua pihak akan pentingnya tertib Adminduk.

“Ada 4 tujuan GISA, yaitu sadar kepemilikan dokumen kependudukan, sadar pemutakhiran data kependudukan, sadar pemanfaatan data kependudukan untuk semua urusan, dan sadar pelayanan Adminduk yang membahagiakan masyarakat,” urainya pada Uskup Aloysius.

Sementara Uskup Aloysius menyambut dengan hangat kunjungan silaturahmi Dirjen Zudan yang di dampingi Kadis Dukcapil Kabupaten Asmat Marcelianus Belekubun.

Terkait pencatatan perkawinan, ia menjelaskan, perkawinan katolik itu pada dasarnya berciri satu untuk selamanya. Dan tak terceraikan kecuali oleh kematian, dan bersifat monogami.

Namun bagi sebagian orang Asmat Papua, masih memegang budaya asli mereka, termasuk soal pernikahan. Pernikahan lazimnya di lakukan dengan cara adat tanpa pencatatan sipil.

“Pernikahan pada umumnya sudah dilaksanakan, bahkan ada yang sudah punya anak. Namun memang belum dilakukan pemberkatan di gereja,” kata Uskup Aloysius.

Baca Berita Lain Kami Bupati Bogor Iwan Setiawan Pantau Kegiatan Uji Emisi

Kepala Dinas Dukcapil Asmat Marcelinus berkomitmen terus menindaklanjuti. Dengan sosialisasi di kalangan ASN dan masyarakat untuk mendorong masyarakat mencatatkan perkawinan dan mengurus dokumen kependudukan.

“Dinas Dukcapil Asmat akan terus jemput bola sesuai arahan pak Dirjen Dukcapil, terutama ke kalangan ASN dan masyarakat di pedalaman. Serta pendatang agar sadar adminduk bisa terwujud di Asmat,” kata Pak Marcelius Bekeubun Kadis Dukcapil Asmat. (*)

Sumber : Dirjen Dukcapil kemendagri

Berita Lain : Blangko Kosong KTP el Tersedia, Masyarakat Hubungi Dinas Dukcapil

Dirjen Dukcapil Gandeng Keuskupan / PULBAKET

Tags: ,

Kontak Iklan : 081574404040

Untuk Pemasangan Advertorial dan Iklan Hubungi Kami Marketing 0812972047471

ADVERTORIAL FEED

Media DMN lengkap